Apresiasi Puisi

Apresiasi Puisi
Banyak siswa diharapkan untuk menulis esai sastra berdasarkan apresiasi puisi. Untuk membuat tugas menyenangkan kita perlu mendefinisikan puisi. Apa itu puisi? Edmund Clarence Stedman mengatakan sebagai berikut: "Puisi adalah ritmis, bahasa imajinatif yang mengungkapkan penemuan, rasa, pikiran, semangat, dan wawasan dari jiwa manusia."

Puisi adalah kreativitas imajinasi seseorang. Seperti karya sastra lainnya, perlu dipahami untuk dihargai. Penulis menulis untuk suatu alasan. Tujuannya mungkin untuk membangkitkan emosi, menginformasikan, menentukan, merupakan sesuatu dari dunia atau kehidupan, menghibur ... Apapun masalahnya, puisi unik untuk penulisnya. Dan setiap puisi dapat dianalisis untuk dihargai. Berikut adalah beberapa ide umum untuk membantu Anda memahami puisi yang Anda baca:

Subyek: Cobalah untuk menguraikan subyek puisi itu. Anda perlu melihat apa yang sedang dijelaskan. Ini bisa jadi tempat, peristiwa, orang, situasi, atau pengalaman. Apa yang penyair inginkan Anda untuk fokus, baik dalam puisi atau di setiap bait?

Tema: Setelah Anda telah mengidentifikasi subjek puisi, coba dan cari tahu apa yang penyair ingin sampaikan pada Anda. Lihatlah berikut: pesan penyair; tujuannya; ide-ide yang ia sampaikan; judul; dan jenis puisi (yaitu soneta, balada, liris, reflektif, monolog, elegi, narasi, deskriptif, kombinasi dari berbagai jenis). Selalu ingat bahwa perasaan dan nada selaras dengan subjek dan tema.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar